Senin, 27 Februari 2017

Bahan PJJ GBKP 26 Februari – 4 Maret 2017 (KataNdu Kap Tendang Man Nahengku)

Bahan PJJ GBKP 26 Februari – 4 Maret 2017

KataNdu Kap Tendang Man Nahengku                     
(Masmur 1:1-6; 119:105)

Kata Dibata penting ibas kegeluhenta. Selaku anak-anak Dibata, Dibata nggo mereken kataNa guna ipakeken ibas kegeluhenta. Kai maka Kata Dibata penting ibas kita? Jababna alu sederhana gelah kegeluhenta sentudu ras sura-sura Dibata. Dibata empuna kegeluhenta, maka ate Dibata kegeluhenta bagi siniarepkenNa. Masmur 119:105, KataNdu kap tendang man nahengku, nerangi dalan si kudalani. Ibas bahasa Indonesia: Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. Kata persinget man banta, maka pentingna Kata Dibata ibas kita dalani kegeluhen enda. Kata Dibata nampati ras mereken arahan man banta.
Ibas Masmur 1:2, ikataken pemasmur maka jadi sada keriahen adi patuh nandangi Undang-undang Dibata. Engkai maka jadi sada keriahen ibas pemasmur?
1.      Pemasmur ngejapken perbedan si nyata nandangi kalak si patuh ras si la patuh (jahat). Kalak jahat ia bali ras segal iembus angin, la erguna. Tapi kalak si patuh, ia seri ras batang kayu si turah i tepi lau anak, erbuah ibas paksana dingen bulungna pe la melus, erguna (ay.3-4).
2.      Pemasmur, tek maka kalak benar itegu-tegu ras ikawali Dibata. Tapi kalak jahat situhuna erdalan ku kebenen (ay. 6).

Tafsiran Masmur 1:1
-        La megiken pedah kalak jahat. Ia tidak berjalan menurut nasihat orang fasik. Ia tidak hadir dalam pertemuan-pertemuan mereka, ataupun meminta nasihat dari mereka. Meskipun mereka begitu cerdas, cerdik, dan terpelajar, namun jika fasik, mereka tidak akan dijadikan penasihat-penasihatnya. Ia tidak setuju dengan mereka, dan juga tidak mengatakan apa yang mereka katakan (Luk. 23:51). Ia tidak menggunakan ukuran berdasarkan asas-asas mereka, atau bertindak menuruti nasihat yang mereka berikan dan pegang. Orang fasik sangat bersemangat memberikan nasihat mereka melawan agama, dan semua itu diatur dengan sangat terampil, sehingga bila kita terhindar dari noda dan jeratnya, bolehlah kita merasa lega dan berbahagia.

-        La ngusih perbahanen kalak perdosa. Ia tidak berdiri di jalan orang berdosa. Ia menghindar berbuat apa yang mereka perbuat. Jalan mereka tidak akan menjadi jalannya. Ia tidak akan masuk ke dalam jalan itu, apalagi terus berjalan di dalamnya, seperti yang dilakukan orang berdosa, yang menempatkan dirinya di jalan yang tidak baik (Mzm. 36:5). Ia menghindar (sebisa mungkin) dari tempat mereka berada. Supaya tidak meniru-niru mereka, ia tidak mau berhubungan dengan mereka, atau memilih mereka sebagai teman-temannya. Ia tidak berdiri di jalan mereka, untuk dijemput oleh mereka (Ams. 7:8), tetapi menjaga dirinya sejauh mungkin dari mereka seperti menjauh dari tempat atau orang yang terkena wabah, karena takut tertular (Ams. 4:14-15). Barangsiapa yang ingin terhindar dari bahaya harus menghindar dari jalan bahaya.

-        La erteman ras kalak megombang man Dibata. Ia tidak duduk dalam kumpulan pencemooh. Ia tidak duduk santai dengan orang-orang yang duduk aman dalam kefasikan mereka dan yang menyenangkan diri mereka dengan hati nurani mereka sendiri yang sudah menjadi gersang. Ia tidak bersatu dengan orang-orang yang duduk di balik bilik tertutup untuk mencari-cari cara dan sarana untuk mendukung dan memajukan kerajaan Iblis. Ia juga tidak duduk bersama mereka yang secara terang-terangan menghakimi dan mengutuk angkatan orang benar. Berbahagialah orang yang tidak pernah duduk di antara perkumpulan semacam itu (Hos. 7:5).


Cl. Pdt. Chrisnov Mulyanta Tarigan Sibero - 085362334448

Senin, 20 Februari 2017

Bahan Sermon PJJ 19-25 Februari 2017 (Dibata Si Kutandai)

Bahan Sermon PJJ 19-25 Februari 2017

Dibata Si Kutandai
Johanes 4:21-26, 34

Alu perjumpanna ras Jesus, terjadi perubahan bas diberu Samaria 180⁰. Perubahan enda mengarah ku pemahaman (pengenalan nandangi Dibata) ras kiniteken si mbaru. Ikataken Jesus maka nterem kalak Samaria situhuna la ietehna ise si isembahna. Enda terjadi erkiteken percampuran. Percampuran ibas budaya, sosial ras kepercayaan. Kenca ngerana Jesus man diberu Samaria maka situhuna enggo seh paksana datkenna sada pemahaman (pengenalan nandangi Dibata) ras kiniteken si mbaru; eme tek maka Mesias si ipadanken Dibata si igelari Kristus reh me; ras Jesus e me Mesias si ipadanken Dibata. Pemahaman ras kiniteken si mbaru enda terjadi erkiteken perjumpan ras Jesus.
Pengenalan si mbaru nandangi Dibata terjadi erkiteken perjumpan ras Kristus erbahanca maka kerina kalak si tek, nembah man Dibata arah kuasa Kesah Si Badia. Lanai kita nembah man Dibata erkiteken seremonial, rutinitas ntah keterpaksaan, tapi tuhu-tuhu erkiteken pengenalan si mbaru, tuhu-tuhu erkiteken panggilan, tuhu-tuhu erkiteken kesadaran ras tuhu-tuhu erkiteken kuasa Kesah Si Badia. Maka guna banci nandai Dibata ras ersembah man baNa alu benar, e me arah Jesus Kristus ras Kesah Si Badia. Lalit dalan sedeban.
Diberu Samaria mewakili dirita genduari, lit keterbatasan ras kekurangan. Kita sekalu manusia tuhu melala kelemahan, sebap kita labo sempurna. Alu kesadaren enda, perlu si bangun hubungen/ relasi ras Jesus. Relasi ras Jesus merupaken sada proses guna nandai Dibata. Pengarapenta ibas nandai Dibata labo saja terjeng pemeteh tapi seh ku tahap “biak Dibata lit bas aku”. Ertina, sitandai Dibata alu benar, teridah arah kegeluhenta. Perukuren, pengerana ras perbahanenta arus mencerminken biak-biak Dibata.
Kita mungkin mengidolakan tokoh-tokoh tertentu: cth. Soekarno, Habibie, Ahok, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, rsd. Ibas kita mengidolakan tokoh-tokoh enda mengati terjeng mengangumi, tapi la si usih. Arusna, adi si idolaken tokoh enda erkiteken ia anti korupsi, maka kita pe nggit ngusih ia; kita pe anti korupsi. Arusna pe ibas kita nandai Dibata, sibagenda lit bas kita. Dibata sitandai kita perkeleng, maka kita pe nggeluh ibas kekelengen. E sijadi pengarepenta ibas bahan PJJ Minggu enda. Kesah Si Badia sinampati kita.

Cl. Pdt. Chrisnov Mulyanta Tarigan Sibero
GBKP Rg. Pancur Batu - 085362334448

Kamis, 09 Februari 2017

Teologi Sebagai Ziarah (Ringkasan: Pedoman Ringkas Berteologi)

Ringkasan Buku “Pedoman Ringkas Berteologi”
Penulis : Kelly M. Kapic
Oleh : Cl. Pdt. Chrisnov Mulyanta Tarigan Sibero, S.Th

BAB III : Teologi Sebagai Ziarah

Bagian bab III ini diawali dengan kalimat Kita Bukan Allah. Ungkapan yang cukup menarik yang bertujuan mengingatkan kita akan keterbatasan kita sebagai manusia. Realitas  penting yakni: kefanaan kita dan dosa kita.  
Para teolog abad pertengahan dan Protestan membuat pembedaan yang sangat menolong kita saat ini salah satunya ialah :
1.     Pengetahuan asli (archetypal), ialah: pengetahuan sempurna yang Allah miliki tentang diriNya sendiri. Kefanaan dan dosa tidak membatasi Dia. Ia tahu segala sesuatu.
2.    Pengetahuan duplikat (ectypal), ialah: pengertian yang kita miliki tentang Allah melalui cara penyataan diriNya, yang paling jelas dinyatakan dalam Alkitab (FirmanNya) dan puncaknya adalah dalam inkarnasi sang Firman (Yesus Kristus).
Kita bisa memiliki pengetahuan yang benar akan Allah walau terbatas, sehingga dalam hal ini sangat diperlukan pencerahan dari Roh Kudus. Ectypal bergantung pada karya Roh Kudus. Sehingga pengetahuan Allah dalam diriNya murni dan penuh, sedangkan pengetahuan kita akan Dia bersifat derivatif dan tidak lengkap.
Teologi sebagai ziarah. Kita berada di Jalan (bdk. Kis. 9:2; 19:9, 23; 24:14, 22) karena kita Pendatang (1 Ptr. 2:11) yang dipanggil untuk Berjalan dalam Roh yang membawa terang bahkan di kegelapan (bdk. 2 Kor. 5:2; Gal. 5:16, 25; Ef. 5:18, 15: Kol. 2:6; 1 Yoh. 1:6-7; 2 Yoh. 6).
Penulis mengemukakan pendapat beberapa tokoh:
-       Gregory dari Nazianzus (330-390), pengetahuan tentang Allah yang kita miliki dalam hidup ini hanya sedikit, meski segera sesudah ini mungkin akan lebih sempurna.
-       Santo Agustinus, jika anda membuat kemajuan, anda sedang berbaris maju; tapi majulah dalam kebaikan, maju dalam iman sejati, majulah dalam kehidupan yang benar – bernyanyilah, dan lanjutkan perjalanan.
Teologi sebagai ziarah adalah sebuah perjalanan, terkadang kita mendaki gunung bermandi cahaya matahari atau menurun lembah gelap; sewaktu-waktu kita diganjar dengan pemandangan tak berujung dan terkadang kabut merintangi kita. Semua perjalanan panjang, ada saatnya berhenti dan ada saatnya bertanya arah kepada orang lain. Terkadang kita mengambil jalan yang membawa kita ke tempat yang tidak terduga atau tempat pemandangan ajaib yang telah lama kita inginkan dan usahakan untuk dicapai.
Penulis juga mengingatkan kita adalah penting menyadari bahwa orang tidak menyerah dari berteologi karena keterbatasan yang ada, sebab keyakinan kita sepenuhnya bertumpu pada Allah, bukan pada diri sendiri. Thomas Aquinas: “Teologi diajarkan oleh Allah, mengajarkan tentang Allah dan memimpin kepada Allah”. Semua teologi yang baik dan setia datang dari Allah, yang adalah teolog utama – satu-satunya yang dapat bicara tentang diriNya tanpa kelemahan diri dan kesalahmengertian.
 Yesus bukan sekedar tahu kebenaran tapi Ia sendiri adalah kebenaran, jalan dan hidup. Dia Putra Allah, secara riil dan actual adalah Allah bersama kita. Ia adalah penyataan dari Allah yang agung. Tak seorang pun dapat datang atau mengetahui Bapa kecuali melalui penyataan sang Putra (Yoh. 14:6-7).

Pengenalan akan Allah penting (Mat. 12:27). Tidak sekedar kognitif tapi datang, memandang, mendengar Kristus dan merespon dalam kasih. Teologi harus penuh iman; iman selalu dituntut untuk teologi yang asli. Kita juga harus menyadari adanya relasi antara teologi dan ibadah, kita pindah dari keigintahuan intelektual ke perjumpaan yang terliibat dengan Allah yang hidup.